Menariknya tampilan atau yang biasa disebut dengan feed pada sebuah akun Instagram menjadi daya tarik yang kuat bagi orang lain yang melihatnnya. Bila feed menampilkan konten yang terkonsep dengan baik, foto bagus dan rapih, pastinya orang lain pun tak segan-segan untuk terus mengikuti akun Instagram tersebut.

Nyatanya, hal tersebut bukan hanya berlaku untuk akun personal saja, tapi feed Instagram pada online shop juga merupakan salah satu nilai yang sangat penting diperhatikan. Hampir semua customer yang sering melakukan belanja online mempercayai kalau online shop tersebut memiliki feed produk jualan bagus, maka produk yang dijual sudah pasti kualitasnya bagus juga.

Bayangkan, bila Anda sebagai pelaku online shop tapi mengabaikan feed Instagram jualan, pastinya tidak ada customer yang tertarik berkunjung atau membeli produk Anda, bukan?

Untuk mendapatkan feed Instagram lebih menarik, tentunya Anda perlu melakukan ritual penting, yakni mengedit foto-foto produk sebelum diupload di akun Instagram jualan. Selain membutuhkan daya kreativitas yang tinggi, aplikasi edit foto yang mumpuni juga perlu dimiliki.

Nah, sekarang ini terdapat 5 aplikasi edit foto kekinian yang tak hanya bisa bikin foto produk lebih bagus dan feed Instagram jadi menarik, tapi juga mudah digunakan pada smarthphone Android atau iOs. Apa saja, aplikasinya?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

1. Snapseed

Banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk melakukan beautifikasi sebuah foto. Salah satunya adalah Snapseed. Bagi pengguna Android, aplikasi Snapseed bisa diunduh di Play Store. Snapseed sampai saat ini menjadi aplikasi favorit dan saya gunakan untuk mengedit foto. Hasil foto tersebut kemudian saya unggah ke media sosial atau saya pakai sebagai materi dalam blogging.Mengedit foto dengan Snapseed sangat menyenangkan. Fitur-fitur yang ada memudahkan kita untuk melakukan berbagai editing dengan cepat. Sebagai contohnya saya akan melakukan editing terhadap foto ini.

Aplikasi ini dirancang oleh Google LLC dengan memiliki ukuran 23 MB. Penggunaannya yang sangat mudah membuat aplikasi ini telah diundah lebih dari 50 juta pengguna. Dengan menggunakan aplikasi ini untuk mengedit foto produk, bisa menghasilkan foto menjadi lebih profesional.

Fitur utama yang dimiliki Snapseed adalah terdapat fitur filter yang canggih, seperti Healing yang merupakan fitur untuk menghapus objek yang tidak diinginkan pada gambar, fitur Kuas untuk memoles eksposur, saturasi, pencahayaan, atau warmth, hingga fitur HDR Scape yang bisa membuat tampilan foto produk lebih memukau dengan menciptakan beberapa eksposur.

Hebatnya, aplikasi yang dirilis pada 6 Desember 2012 bisa membuka foto dengan format JPEGJPG, dan RAW. Pengembangan pada RAW sendiri, bisa membuka dan menyesuaikan file RAW DNG dengan menyimpan tanpa merusak gambar atau ekspos sebagai JPG.

2. VSCO

Sejak pertama kali dirilis pada 2013 hingga sekarang, aplikasi edit foto VSCO sangat digilai para pengguna Instagram. Fitur-fitur yang dihadirkan pada aplikasi ini mempu mengedit foto dengan filter-filter yang hasilnya akan terlihat seperti ala-ala Tumblr. Selain itu, aplikasi ini terdapat fitur crop atau potong gambar sesuai dengan ukuran yang diinginkan dan juga ada fitur untuk mengatur kontras cahaya.

Namun sayangnya, filter yang disediakan pada VSCO tak semua gratis alias bila ingin mendapatkan full pack harus merogoh kocek mulai dari Rp4 ribu – Rp389 ribu. Jangan khawatir, filter gratis pada VSCO masih bisa dimanfaatkan, asal Anda pandai dalam memilih filter yang sesuai dengan foto atau konten pada Instagram.

3. Lightroom

Edit foto produk jualan dengan lightroom, kenapa tidak? Kini, lightroom tidak hanya tersedia untuk pengguna desktop saja, tapi aplikasi bagian dari Adobe ini sudah bisa digunakan dengan mudah di semua smartphone. Kemudahan dan kesederhanaan yang diberikan pada proses pengeditan foto pada aplikasi lightroom, tetap bisa menghasilkan editan foto produk yang sangat memuaskan.

Fitur lightroom yang bisa digunakan adalah fitur dasar seperti croppresetslightcolor, dan effect. Selain itu, pengguna juga bisa menyesuaikan split tone dan dehaze dengan hasil resolusi yang tinggi.

WhatsApp chat