“Bagaimana cara mengambil foto yang lebih baik?”

Saya sangat beruntung untuk dapat mengetahui dan diberi beberapa pengalaman dari  banyak fotografer berbakat dan murah hati yang membawa saya untuk menunjukkan kepada saya bagaimana mengambil foto yang baik. Tanpa nasihat mereka yang berharga, tidak mungkin saya dapat memberi tips jitu untuk mengambil gambar dengan teknik profesional.Jadi, bersama dengan beberapa tips yang saya ambil,mari kita bahas saja secara langsung!

 

1.Get in Close

Image result for photographer  get in close tumblr

Get in close,jurnalis foto terkenal Robert Capa yang pernah berkata “Jika foto Anda tidak cukup baik, Anda tidak cukup dekat.” Dia berbicara tentang masuk di antara tindakan. Jika Anda merasa gambar Anda tidak muncul, lakukan satu atau dua langkah lebih dekat dengan subjek Anda. Isi bingkai dengan subjek Anda dan lihat seberapa baik foto Anda akan terlihat tanpa begitu banyak ruang terbuang. Semakin dekat Anda dengan subjek, semakin baik Anda bisa melihat ekspresi wajahnya juga.

 

2.Shoot Every day

Image result for photographer tumblr

Cara terbaik untuk mengasah keterampilan Anda adalah berlatih. Banyak. Memotret sebanyak mungkin – tidak masalah apa pun. Habiskan berjam-jam di belakang kamera Anda. Seiring dengan meningkatnya keterampilan teknis Anda dari waktu ke waktu, kemampuan Anda untuk memanfaatkan mereka untuk bercerita dan juga harus. Jangan terlalu khawatir tentang memotret dengan cara tertentu untuk memulai. Percobaan. Gaya Anda – ‘suara’ Anda – akan muncul tepat waktu. Dan itu akan menjadi lebih otentik ketika itu terjadi. – Leah Robertson

 

3.Ask permission

Ketika memotret orang, terutama ketika di negara-negara dengan budaya dan bahasa yang berbeda, mungkin sulit untuk berkomunikasi. Di negara-negara tertentu jika Anda memotret seseorang yang tidak seharusnya Anda potret, foto itu bisa menjadi jelek dan kasar dengan sangat cepat jika Anda tidak hati-hati. Jadi untuk menghormati Anda harus selalu meminta izin. Saya sudah mulai memotret serangkaian anak sekolah di Pakistan. Ini semua adalah potret yang dipotret dan mereka melihat ke bawah lensa. Pemandu saya membantu saya dengan bahasa dan saya membatasi diri saya untuk tersenyum, berjabatan tangan, memberikan ‘hi-five’ dan menunjukkan kepada mereka gambar di belakang kamera saya setelah selesai. Anda akan kagum betapa cepatnya orang terbuka. – Andrea Francolini

 

4.Use flash during the day

Image result for photographer with flash tumblr

Anda mungkin berpikir bahwa Anda hanya boleh menggunakan lampu kilat di malam hari atau di dalam ruangan, tetapi itu tidak terjadi sama sekali. Jika ini adalah hari yang sangat cerah di luar dan matahari membuat bayangan yang keras pada subjek Anda, nyalakan lampu kilat Anda. Dengan memaksakan cahaya ekstra ke subjek Anda, Anda akan dapat mengisi bayangan buruk dan membuat eksposur yang merata.

5.ISO

Image result for photographer with ISO tumblr

Ada beberapa pertanyaan terkait penggunaan ISO yang dapat digunakan.

Jam berapa hari Anda memotret? Jika Anda memotret di luar pada siang hari, Anda harus menggunakan ISO yang lebih rendah seperti 100 atau 200. Jika Anda memotret di malam hari tanpa tripod Anda harus menaikkan ISO ke angka yang lebih tinggi untuk dapat rekam cahaya pada sensor kamera.Apakah subjek akan menyala dengan baik? Jika subjek atau pemandangan Anda terlalu gelap, Anda perlu menggunakan ISO yang lebih tinggi seperti 800 atau 1600.Apakah Anda ingin gambar yang tajam atau gambar dengan lebih banyak gerakan di dalamnya? Menggunakan kecepatan rana tinggi untuk menangkap gerakan cepat mungkin berarti Anda harus menggunakan ISO tinggi untuk menggantinya. Demikian juga, jika Anda menggunakan kecepatan rana lambat untuk menangkap blur, Anda akan membutuhkan ISO rendah untuk menggantinya.Jangan lupa, meningkatkan ISO Anda akan meningkatkan ukuran butir atau piksel di foto Anda. Jadi jangan gunakan ISO 3200 atau 6400 jika Anda tidak menginginkan foto dengan banyak ‘gangguan digital’

 

6.Buy Books,not gear

Memiliki peralatan kamera yang mahal tidak selalu berarti Anda akan mengambil foto yang bagus. Saya telah melihat beberapa gambar yang benar-benar menakjubkan yang dipotret dengan tidak lebih dari ponsel pintar. Alih-alih memiliki sepuluh lensa yang berbeda, berinvestasi dalam beberapa buku fotografi yang fantastis. Dengan melihat karya para master, Anda tidak hanya mendapatkan inspirasi, Anda juga punya ide untuk memperbaiki foto Anda sendiri.

7.Read Your Camera Manual

Related image

Cara terbaik untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dengan kamera Anda adalah dengan benar-benar membaca manual. Begitu banyak orang kehilangan langkah yang sangat penting ini dalam perjalanan fotografi mereka. Setiap kamera berbeda, jadi dengan membaca manual Anda akan mengetahui semua hal funky yang mampu dilakukannya.

 

8.Shutter Speed

Menyadari kecepatan rana Anda berarti perbedaan antara mengambil foto yang buram dan foto yang tajam. Itu semua tergantung pada apa yang Anda cari. Jika Anda memotret acara olahraga atau anak-anak berlarian di halaman belakang, Anda mungkin ingin subjek Anda menjadi fokus. Untuk menangkap aksi cepat, Anda harus menggunakan kecepatan rana lebih dari 1/500 detik, jika bukan 1/1000 hingga 1/1000. Di ujung skala yang berlawanan, Anda mungkin ingin menangkap garis-garis panjang dari lampu ekor mobil yang melewati bidikan Anda. Karenanya Anda akan mengubah kecepatan rana kamera Anda menjadi pencahayaan yang lama. Ini bisa satu detik, sepuluh detik, atau bahkan lebih lama.

 

9.Perspective

Ini adalah referensi untuk Moholy Nagy dari gerakan Bauhaus dalam fotografi (yang semuanya tentang garis perspektif). Dengan kata lain, perspektif lebih menarik ketika kita berjongkok, atau berbaring, atau meninggikan posisi kita sehubungan dengan subjek. Lihatlah bagaimana mengubah perspektif Anda dapat mengubah bahasa visual dan dinamika kekuatan tersirat dari gambar. Berjongkok rendah dapat membuat subjek Anda lebih dinamis, sedangkan menambah tinggi subjek Anda sering dapat meminimalkan kehadiran mereka dalam gambar. Salah satu latihan favorit saya adalah membuat murid-murid saya berbaring dan mengambil gambar, seringkali di tanah. Saya sedikit kurang ajar. – Heather Faulkner

 

10.Hold your Camera Properly

Image result for shutter speed camera tumblr

Anda mungkin tidak mengetahuinya, tetapi ada cara yang benar dan cara yang salah untuk memegang kamera DSLR. Cara yang benar adalah mendukung lensa dengan menangkupkan tangan Anda di bawahnya. Ini biasanya dilakukan dengan tangan kiri, dengan tangan kanan Anda mencengkeram tubuh kamera. Ini membantu mencegah guncangan kamera. Jika Anda memegang kamera dengan kedua tangan di kedua sisi tubuh kamera, tidak ada yang mendukung lensa, dan Anda mungkin berakhir dengan foto yang buram. Untuk mendapatkan sikap yang lebih stabil, selipkan siku ke sisi tubuh Anda.

 

 

WhatsApp chat